Dua Dimensi
adalah sebutan umum untuk alat peraga yang hanya memiliki ukuran panjang
dan lebar yang berada pada satu bidang datar. Media pembelajaran dua dimensi
meliputi media grafis, papan tulis, media cetak.
- Media grafis adalah
suatu penyajian secara Visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar, tulisan-tulisan atau symbol yang lain dengan maksud untuk
menggambarkan dan merangkum suatu ide, data atau kejadian. Selain
sederhana dan mudah pembuatan media grafis termasuk media yang relatif
murah ditinjau dari segi biayanya.
- Media bentuk papan
disini terdiri dari papan tulis, papan temple, papan magnet, dan papan
flanel.
- Media cetak adalah
meliputi bahan-bahan yang disiapkan diatas kertas untuk pengajaran dan
informasi yang dihasilkan dari teknologi cetak.
Dalam industri
perfilman 2D biasanya terdapat pada film kartun. Film
2D memberikan kelebihan dalam penayangan yaitu memiliki suara yang jernih,
gambar lebih halus serta gambar yang telah di sensor hampir tidak terlihat.
Kelemahannya film 2D yaitu kualitas hasil proyeksinya lebih kecil daripada film
pada biasanya, dimana layar akan lebih kecil dikarenakan jika menggunakan layar
lebih besar kualitasnya akan semakin berkurang.
Berkembangnya teknologi
merupakan awal dari perkembangan perfilman, perkembangan yang diawali dengan
munculnya software atau perangkat lunak. Software animasi yang digunakan
sebagai fungsi untuk menjadi animasi 2 Dimensi.Software animasi
2D biasanya digunakan untuk membuat animasi tradisional, dimana memiliki
kemampuan dalam mengatur gerak, menggambar, sebagian bisa mengimpor suara dan
mengatur waktu. Software yang digunakan biasanya adalah Macromedia flash,GIF
animation dan corel Rave, swish max, After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoo.
contoh film 2 dimensi adalah Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and
Jerry, Scooby doo.
Dua Dimensi
adalah sebutan umum untuk alat peraga yang hanya memiliki ukuran panjang
dan lebar yang berada pada satu bidang datar. Media pembelajaran dua dimensi
meliputi media grafis, papan tulis, media cetak.
- Media grafis adalah
suatu penyajian secara Visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar, tulisan-tulisan atau symbol yang lain dengan maksud untuk
menggambarkan dan merangkum suatu ide, data atau kejadian. Selain
sederhana dan mudah pembuatan media grafis termasuk media yang relatif
murah ditinjau dari segi biayanya.
- Media bentuk papan
disini terdiri dari papan tulis, papan temple, papan magnet, dan papan
flanel.
- Media cetak adalah meliputi bahan-bahan yang disiapkan diatas kertas untuk pengajaran dan informasi yang dihasilkan dari teknologi cetak.
Dalam industri
perfilman 2D biasanya terdapat pada film kartun. Film
2D memberikan kelebihan dalam penayangan yaitu memiliki suara yang jernih,
gambar lebih halus serta gambar yang telah di sensor hampir tidak terlihat.
Kelemahannya film 2D yaitu kualitas hasil proyeksinya lebih kecil daripada film
pada biasanya, dimana layar akan lebih kecil dikarenakan jika menggunakan layar
lebih besar kualitasnya akan semakin berkurang.
Berkembangnya teknologi
merupakan awal dari perkembangan perfilman, perkembangan yang diawali dengan
munculnya software atau perangkat lunak. Software animasi yang digunakan
sebagai fungsi untuk menjadi animasi 2 Dimensi.Software animasi
2D biasanya digunakan untuk membuat animasi tradisional, dimana memiliki
kemampuan dalam mengatur gerak, menggambar, sebagian bisa mengimpor suara dan
mengatur waktu. Software yang digunakan biasanya adalah Macromedia flash,GIF
animation dan corel Rave, swish max, After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoo.
contoh film 2 dimensi adalah Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and
Jerry, Scooby doo.
Sumber :
https://id.wikipedia.org
0 komentar:
Posting Komentar