Selasa, 09 Februari 2016

1:09:00 PM






REVIEW WEBSITE
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
REPUBLIK INDONESIA








Disusun oleh :
SAVIERA ANDRIANY
56415443
1IA21

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
2016



WEBSITE
Sejak Indonesia merdeka  negara ini telah melalui banyak perkembangan, salah satu perkembangan yang terlihat signifikan adalah perkembangan di bidang komunikasi dan informasi. Dengan berkembangnya teknologi banyak sekali media yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi salah satunya melalui website.
Website adalah suatu kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Website dapat diartikan sebagai kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.
Penyebaran informasi melalui website sangat efektif karena website merupakan salah satu media penyebaran informasi terluas di dunia, website juga tidak memiliki batas karena selama seseorang memiliki jaringan internet dan perangkat yang mendukung maka orang itu dapat mengakses website apapun, dimanapun dan kapanpun.

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

SEJARAH
Kementerian Komunikasi dan Informatika (sebelumnya bernama "Departemen Penerangan" (1945-1999), "Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi" (2001-2005), dan Departemen Komunikasi dan Informatika (2005-2009), disingkat Depkominfo) adalah Departemen/kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kementerian Kominfo dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Rudiantara.

VISI dan MISI
Visi dan Misi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengacu pada Visi dan Misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla. 
Visi: 
Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong

Misi:
1.      Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamanan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
2.      Mewujudkan masyarakat maju, berkesimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum
3.      Mewujudkan politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim
4.      Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera
5.      Mewujudkan bangsa yang berdaya saing
6.      Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasikan kepentingan nasional
7.      Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan. 
Dalam Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2015— 2019, pembangunan bidang komunikasi dan informatika lima tahun ke depan diprioritaskan pada upaya mendukung pencapaian kedaulatan pangan, kecukupan energi, pengelolaan sumber daya maritim dan kelautan, pembangunan infrastruktur, percepatan pembangunan daerah perbatasan, dan peningkatan sektor pariwisata dan industri, berlandaskan keunggulan sumber daya manusia dan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

TUGAS dan FUNGSI
Tugas : Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
Fungsi :
1.      Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik;
2.      Pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik; 
3.      Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan pengelolaan sumber daya dan perangkat pos dan informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, pengelolaan informasi dan komunikasi publik; 
4.      Pelaksanaan penelitian dan pengembangan sumber daya manusia di bidang komunikasi dan informatika;
5.      Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
6.      Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
7.      Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
8.      Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
WEBSITE KEMENTERIAN KOMINFO
Website yang beralamatkan di www.kominfo.go.id ini adalah website yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau yang biasa disingkat dengan kemkominfo. Website ini dapat diakses oleh siapa pun, karena website ini bersifat terbuka jadi siapapun dapat melihat dan membaca artikel yang ada dalam website ini.
Website ini memiliki penampilan yang dinamis dan sangat interaktif, ditunjukkan dengan adanya beberapa fiture yang cukup menarik. Dengan artikel yang selalu di-update setiap hari dengan berita yang diyakini aktual dan terpercaya, dalam pengelolaan website kominfo akan selalu menyajikan artikel yang dapat dipertanggungjawabkan karena jika tidak, maka akan berdampak negatif diingat telah adanya undang undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).
Tugas Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dengan menggunakan website sebagai salah satu media informasi untuk mensosialisasikan kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah yang bersangkutan dengan komunikasi dan informasi.
Berikut adalah tampilan yang akan muncul pertama kali saat pengunjung website membuka link www.kominfo.go.id yang disajikan oleh website Kementerian Komunikasi dan Informatika :







 


Secara keseluruhan design yang dipilih untuk website ini sangat mencerminkan bahwa website ini adalah website yang bersifat formal. Tanpa mengesampingkan segi estetika website ini tetap menyajikan kombinasi warna yang terlihat serasi. Dengan warna putih sebagai background dan dikelilingi oleh warna biru yang mendominasi menimbulkan kesan tenang dan profesional. Secara psikologis warna biru dikaitkan dengan kepercayaan dan kejujuran, hal ini sangat sesuai dengan tujuan website ini yaitu memberikan artikel yang terpercaya dan sesuai dengan fakta yang ada.

DETAIL WEBSITE


Pada bagian teratas atau header, terdapat logo kemkominfo yang disertai dengan judul website “KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA”. Tak lupa juga tagline yang tertera tepat dibawah judul website, yakni “Menuju Masyarakat Informasi Indonesia”. Tagline ini memiliki arti bahwa kementerian kominfo mengharapkan seluruh masyarakat indonesia dapat mengakses informasi dengan menggunakan fasilitas teknologi informatika.

 

Pada header bagian kanan terdapat search engine, RSS dan translator. Search engine disini berfungsi untuk memudahkan para pengunjung website ini dalam memilih artikel yang akan dibaca dan sesuai dengan kata kunci yang dicari pada websie ini. RSS (Really Simple Sindication) yakni suatu sistem yang memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan update atau artikel terbaru dari website ini secara otomatis. Dan yang ketiga adalah translator, karena website ini bersifat terbuka tidak menutup kemungkinan pengunjung website ini bukan hanya dari Indonesia melainkan berasal dari negara lain, oleh karena itu untuk memudahkan pengunjung asing dalam membaca atikel pada website ini maka dibuatlah icon untuk mengubah bahasa, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.
Gambar diatas menunjukkan pages menu dan beberapa judul artikel yang secara bergantian muncul di halaman website, judul artikel yang ditampilkan adalah artikel yang dimuat pada tanggal yang tertera di kotak berwarna biru. Pages menu yang ada diwebsite kominfo, yaitu :
·        -  Beranda
·         - Berita
·         - Profil
·         - Layanan
·         - Regulasi
·         - Publikasi
·         - Pengumuman
·         - GPR
·         - Tautan
·         - PetaSitus


 Detail Beranda
Beranda merupakan halaman utama dari website ini. Disini menampilkan beberapa icon seperti :




o   Berita Utama, ditampilkan secara dinamis ditunjukan dengan munculnya beberapa foto yang menjadi bagian dari artikel atau berita utama secara bergantian.
o   Siaran Pers, menampilkan sebagian artikel yang termasuk dalam siaran pers. Berbeda dengan berita utama artikel yang dimuat atau yang termasuk kedalam berita pers merupakan artikel yang menunjukkan informasi mengenai kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian kominfo.
o   Berita, artikel yang dimuat pada bagian ini merupakan semua berita yang masih berkaitan mengenai komunikasi dan informatika.
o   Pengumuman, menampilkan sebagian artikel yang termasuk kedalam artikel  yang mengenai berbagai pengumuman seperti pengumuman pemenang lomba yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.






o   Layanan Kominfo, pada bagian ini menampilkan layanan yang diberikan atau disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, seperti : Pendaftaran Nama Domain .GO.ID, Sertifikasi Operator Radio, Pengaduan Online SDPPI (Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika), dll.
o   Siaran Pers, icon ini digunakan untuk mengalamatkan langsung pengunjung ke semua artikel yang termasuk dalam siaran pers yang terbaru.
o   Program Prioritas, icon yang menunjukkan progam kerja andalan Kemkominfo dibidang Komunikasi dan Informatika. Program prioritas Kemkominfo meliputi program Internet Sehat, Keamanan Informasi, TV Digital, Palapa Ring, e-Goverment, dan e-Business.
o   Sertifikasi dan Perizinan, icon yang mengalamatkan pengunjung pada daftar layanan Sertifikasi dan Perizinan di bidang Telekomunikasi, Komunikasi dan Informatika.
o   Program Beasiswa, icon ini akan mengalamatkan pengunjung pada halaman yang memuat beasiswa S2 yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
o   Info Publik, icon ini akan mengalatkan pengunjung pada halaman yang memuat informasi yang diberikan oleh kemkominfo untuk publik nasional.






o   Bagian diatas menampilkan macam-macam unit kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika, yakni :
·         Sekretariat Jendral
·         Direktorat Jendral Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika
·         Direktorat Jendral  Penyelenggaraan Pos dan Informatika
·         Direktorat Jendral Aplikasi Informatika
·         Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik
·         Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
·         Inspektorat Jendral
Selain itu data statistik pemblokiran website yang telah dilakukan oleh kemkominfo dan pranalar luar website ini juga ditampilkan pada bagian ini.







Gambar diatas menunjukkan bagian terbawah dari tampilan icon Beranda, disini dimuat alamat kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta nomer telepon dan alamat email yang dapat dihubungi. Selain itu update dari timeline twitter kemkominfo juga berada dibagian ini, tak lupa terselip gambar Bapak Rudiantara yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.



KESIMPULAN
Seperti pada website umumnya, website ini berusaha memberikan artikel-artikel yang menarik untuk dibaca. Namun berbeda dengan website lain yang lebih banyak pengunjung, website ini tidak memiliki design yang terlihat lebih menonjol dari website lain. Bahkan design website ini cenderung kaku, namun sangat menampilkan ketegasan.
Secara fungsional, menurut pendapat saya website ini telah memenuhi persyaratan untuk menjadi salah satu website yang kaya akan informasi terbaru dan orisinil. Website ini juga memberikan layanan untuk pengunjung jika ingin berinteraksi langsung dengan mencantumkan alamat email dan nomer telepon kemkominfo. Selain itu website ini juga memiliki ‘Peta Situs’ yang memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin melihat secara langsung artikel yang akan dibaca, bukan hanya itu website ini juga menyediakan layanan pencarian dengan menggunakan keyword yang nantinya akan menampilkan artikel yang terkait.
Website ini juga menampilkan judul-judul artikel lain dibagian sebelah kanan pada saat kita membuka suatu artikel, hal ini memungkinkan pengunjung tidak berhenti untuk membaca artikel di web ini karena secara tidak langsung membaca judul artikel lain yang mungkin menumbuhkan rasa penasaran.
Pada bagian beranda juga telah terdapat banyak fitur yang ditampilkan sehingga pengunjung tidak perlu merasa sulit untuk menemukan layanan atau sesuatu hal yang dibutuhkan.



0 komentar:

Posting Komentar