Senin, 25 September 2017

7:47:00 PM

Pengertian Pemodelan Grafis

Pemodelan diambil dari kata model yang berarti rencana, representasi atau rancangan yang menjelaskan suatu objek, sistem atau konsep yang berupa penyederhanaan dari bentuk asli. Bentuk dari pemodelan dapat berupa model fisik, model citra atau rumusan matematis.

Grafis adalah representasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas atau batu dan dapat berupa bentuk huruf, tanda dan gambar yang bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi atau hiburan.

Pemodelan Grafis adalah suatu rencana atau representasi untuk membentuk suatu objek ataupun konsep rancagan yang bentuknya dapat berupa model fisik atau rancangan gambar.


Desain Pemodelan Grafis

Desain pemodelan grafis adalah suatu proses penciptaan suatu obyek yang baru dengan menggunakan perangkat lunak dan melalui tahapan membuat, menyimpan dan memanipulasi model. Kegiatan yang terkait dengan grafik komputer adalah sebagai berikut :

1. Pemodelan Geometris, menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.

2. Rendering, memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

3. Animasi, Menetapkan atau menampilkan kembali tingkah laku atau behavior objek bergantung waktu.


Unsur Desain Pemodelan Grafis

1. Garis
          Garis merupakan suatu unsur pada desain yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu titik dengan titik yang lain, sehingga dapat terbentuk garis lengkung (curve) atau lurus (straight)

2. Bentuk
          Bentuk merupakan suatu tiitk temu antara ruang dan massa. Bentuk juga merupakan penjabaran geometris dari bagian semesta bidang yang ditempati oleh objek tersebut.

3. Tekstur
          Tekstur adalah tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.

4. Ruang
          Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya.

5. Ukuran
          Ukuran digunakan untuk mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.

6. Warna
          Warna merupakan salah satu unsur penting dalam objek desain, karena dengan warna orang dapat mengekspresikan identitas dan menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.


Desain Grafis 2 Dimensi

      Grafis 2 dimensi adalah sebutan untuk gambar visual yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar yang berada pada suatu bidang datar. Grafis 2 dimensi memiliki teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (horisontal) dan sumbu y (vertikal) dengan nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.


Desain Grafis 3 Dimensi

       Grafis 3 dimensi adalah sebutan untuk gambar visula yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Grafis 3 dimensi memiliki teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (horisontal), sumbu y (vertikal), dan sumbu z (miring). Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2 dimensi.


Contoh Aplikasi Pembuatan Desain Grafis

Blender



          Blender merupakan Open Source Software yang dapat dikembangkan secara komersial. Blender merupaka aplikasi yang berguna untuk membuat film animasi, efek visual model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.


       Blender menggunakan phyton sebagai bahasa pemrogramannya. Aplikasi Blender ini memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital serta rendering.









Daftar Pustaka
Kurnia, Alviani. “Media 2D & 3D”. 23 September 2017. http://alvianikurnia.blogspot.co.id/2012/12/media-2d-3d.html
Muhammad, Fakhri Mahdi. “Desain dan Pemodelan Grafik”. 23 September 2017. https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2016/10/18/desain-dan-pemodelan-grafik/
Primagraphia. “Memahami Desain Pemodelan Grafik”. 23 September 2017. http://www.primagraphia.co.id/memahami-desain-pemodelan-grafik.html

Rizqi, Akmalul. ”Perkembangan & Kegunaan Aplikasi Blender Sebagai Software 3D Modelling”. 23 September 2017. https://alulrizqi.blogspot.co.id/2016/09/perkembangan-kegunaan-aplikasi-blender.html

0 komentar:

Posting Komentar