Pengertian
Pemodelan Grafis
Pemodelan diambil dari kata model yang berarti
rencana, representasi atau rancangan yang menjelaskan suatu objek, sistem atau
konsep yang berupa penyederhanaan dari bentuk asli. Bentuk dari pemodelan dapat berupa model fisik, model citra atau
rumusan matematis.
Grafis adalah representasi visual pada
sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas atau batu dan
dapat berupa bentuk huruf, tanda dan gambar yang bertujuan untuk memberi tanda,
informasi, ilustrasi atau hiburan.
Pemodelan Grafis adalah suatu rencana atau
representasi untuk membentuk suatu objek ataupun konsep rancagan yang bentuknya
dapat berupa model fisik atau rancangan gambar.
Desain Pemodelan Grafis
Desain pemodelan grafis adalah suatu proses penciptaan suatu
obyek yang baru dengan menggunakan perangkat lunak dan melalui tahapan membuat,
menyimpan dan memanipulasi model. Kegiatan yang terkait dengan grafik komputer
adalah sebagai berikut :
1. Pemodelan
Geometris, menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2. Rendering, memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi, Menetapkan atau menampilkan kembali
tingkah laku atau behavior objek bergantung waktu.
Unsur Desain Pemodelan Grafis
1. Garis
Garis merupakan suatu unsur pada desain yang berfungsi
untuk menghubungkan antara satu titik dengan titik yang lain, sehingga dapat
terbentuk garis lengkung (curve) atau lurus (straight)
2. Bentuk
Bentuk merupakan suatu tiitk temu antara ruang dan
massa. Bentuk juga merupakan penjabaran geometris dari bagian semesta bidang
yang ditempati oleh objek tersebut.
3. Tekstur
Tekstur adalah tampilan permukaan dari suatu benda
yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
4. Ruang
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan
bentuk lainnya.
5. Ukuran
Ukuran digunakan untuk mendefinisikan besar kecilnya
suatu objek.
6. Warna
Warna merupakan salah satu unsur penting dalam objek
desain, karena dengan warna orang dapat mengekspresikan identitas dan
menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara
jelas.
Desain Grafis 2 Dimensi
Grafis 2 dimensi adalah sebutan untuk gambar visual yang
hanya memiliki ukuran panjang dan lebar yang berada pada suatu bidang datar.
Grafis 2 dimensi memiliki teknik penggambaran yang berpatokan pada titik
koordinat sumbu x (horisontal) dan sumbu y (vertikal) dengan nilai koordinat x
dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
Desain Grafis 3 Dimensi
Grafis 3 dimensi adalah sebutan untuk gambar visula yang
memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Grafis 3 dimensi memiliki teknik
penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (horisontal), sumbu y
(vertikal), dan sumbu z (miring). Representasi dari data geometrik 3 dimensi
sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer
2 dimensi.
Contoh Aplikasi Pembuatan Desain Grafis
Blender
Blender
merupakan Open Source Software yang dapat dikembangkan secara komersial.
Blender merupaka aplikasi yang berguna untuk membuat film animasi, efek visual
model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Blender
menggunakan phyton sebagai bahasa pemrogramannya. Aplikasi Blender ini memiliki
beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap,
penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting
video, pemahat digital serta rendering.
Daftar Pustaka
Kurnia,
Alviani. “Media 2D & 3D”. 23 September 2017. http://alvianikurnia.blogspot.co.id/2012/12/media-2d-3d.html
Muhammad,
Fakhri Mahdi. “Desain dan Pemodelan Grafik”. 23 September 2017. https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2016/10/18/desain-dan-pemodelan-grafik/
Primagraphia.
“Memahami Desain Pemodelan Grafik”. 23 September 2017. http://www.primagraphia.co.id/memahami-desain-pemodelan-grafik.html
Rizqi,
Akmalul. ”Perkembangan & Kegunaan Aplikasi Blender Sebagai Software 3D
Modelling”. 23 September 2017. https://alulrizqi.blogspot.co.id/2016/09/perkembangan-kegunaan-aplikasi-blender.html
0 komentar:
Posting Komentar